Monday 17 October 2016

Kegiatan Mengelompokkan Perubahan Materi (perubahan fisika dan perubahan kimia)

 Kegiatan Mengelompokkan Perubahan Materi (perubahan fisika dan perubahan kimia)
1.    Teori dan tujuan Kegiatan
    Perubahan materi dibedakan atas perubahan fisis dan perubahan kimia. Pada perubahan kimia terbentuk zat baru, sedangkan perubahan fisis hanya merupakan perubahan bentuk atau perubahan wujud. Pada kegiatan ini kalian akan mengamati dengan seksama berbagai jenis perubahan materi tersebut.
2.    Alat dan Bahan
    Peralatan dan bahan yang dipergunakan untuk keperluan kegiatan ini antara lain adalah sebagai berikut :
a.    Tabung reaksi dan rak tabung
b.    Kawat nikrom
c.    Pembakar spiritus
d.    Lilin
e.    Tang besi
f.    Serbuk belerang
g.    Penjepit tabung
h.    Gula pasir
i.    Spatula baja
j.    Pita magnesium
   
3.    Prosedur Kerja Kegiatan
    Ikutilah langkah-langkah kerja berikut ini :
a.    Nyalakan lilin dan amati lilin yang menyala itu. Apakah lilin yang menyala menyerap atau membebaskan kalor? Masukkan spatula baja ke dalam nyala lilin selama beberapa detik. Amatilah spatula itu, apakah terbentuk zat baru pada lilin yang menyala ?
b.    Masukkan kira-kira 2 gram potongan-potongan lilin ke dalam sebuah tabung reaksi. Dengan menggunakan penjepit tabung, panaskanlah tabung itu hingga lilin di dalamnya meleleh. Kemudian biarkan tabung beserta isinya menjadi dingin. Apakah lilin yang meleleh menghasilkan zat yang baru?
c.    Lakukan seperti percobaan 2 di atas dengan
    1).    serbuk belerang
    2).    gula pasir (gula pasir dipanaskan hinga gosong) Amatilah baik-baik apakah pada kedua proses tersebut terbentuk zat baru?
d.    Ambillah sedikit serbuk belerang dengan spatula baja, kemudian bakar (tetap pada spatula baja). Perhatikan belerang yang terbakar itu. Cium bau gas yang terbentuk (Tanyakan pada guru Anda cara mencium gas). Apakah belerang yang terbakar menghasilkan zat baru?
e.    Panaskan kawat nikrom pada nyala spiritus hingga berpijar, kemudian biarkan menjadi dingin. Periksalah apakah kawat nikrom berubah menjadi zat lain?
f.    Ambil pita magnesium sepanjang 10 cm. Jepit salah satu ujungnya dengan tang besi. Kemudian bakar ujung yang satu lagi pada nyala spiritus hingga mulai berpijar. Keluarkan pita magnesium yang berpijar dari nyala spiritus (tetapi tetap dijepit). Jangan tatap langsung pita magnesium yang berpijar itu. Setelah pijarnya padam, amatilah abu yang terbentuk. Apakah abu itu sama dengan magnesium mula-mula?
g.    Potonglah pita magnesium sepanjang 10 cm kemudian masukkan ke dalam sebuah
    tabung reaksi. Tambahkan 10 mL larutan HCI IM ke dalamnya. Perhatikan peristiwa yang terjadi. Setelah reaksi berhenti tuanglah larutan dalam tabung reaksi itu ke dalam cawan porselin, kemudian uapkan hingga kering. Apakah Anda menemukan logam magnesium kembali?

4.    Pertanyaan:
    a.    Kelompokkan proses-proses yang terjadi pada kegiatan di atas ke dalam                 perubahan fisis atau perubahan kimia.
    b.    Jelaskan alasan kalian untuk pengelompokan yang dibuat itu!

No comments:

Post a Comment