Wednesday 9 November 2016

Kegiatan Menyaring dan Mengkristalkan Campuran

Kegiatan Menyaring  dan Mengkristalkan
1.    Tujuan Kegiatan
    Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memisahkan campuran adalah penyaringan dan pengkristalan. Kegiatan ini bertujuan untuk membuktikan bagaimana cara memisahkan campuran yang dilakukan dengan cara penyaringan dan pengkristalan

2.    Alat dan Bahan
    Peralatan dan bahan yang harus kalian sediakan untuk melakukan kegiatan ini adalah sebagai berikut :
a.    Gelas kimia 100 ml
b.    Gelas erlenmeyer 100 ml
c.    Corong dan kertas saring
d.    Kaki tiga
e.    Segi tiga
f.    Pembakar spiritus
g.    Batang pengaduk
h.    Cawan porselin (pinggan penguapan)
i.    Kristal garam dapur kotor
j.    Pasir

3.     Prosedur Kegiatan
a.    Pertama-tama campurkanlah kurang lebih 2 gram garam dapur (NaCl) kotor dengan kurang lebih  1 gram pasir dalam gelas kimia kemudian tambahkanlah air kurang lebih 10 ml lalu aduklah hingga semua garam benar-benar larut.
b.    Kemudian lipatlah kertas saring dan masukkan ke dalam corong. Tanyakan pada guru kalian bagaimana cara melipat kertas saring yang benar.
c.    Selanjutnya saringlah campuran pada langkah pertama dan tampunglah filtratnya ke dalam gelas erlenmeyer. Perhatikan filtrat yang diperoleh, jernih atau dalam keadaan keruh ? lakukanlah pengamatan terhadap residu yang terdapat pada kertas saring, zat apakah itu (pasir atau garam)?
d.    Kemudian tuangkanlah kira-kira 5 ml filtrat yang diperoleh pada langkah ketiga di atas ke dalam pinggan penguapan kemudian panaskan dengan menggunakan pembakar spiritus sampai benar-benar kering. Dan biarkanlah sampai menjadi dingin. Jika kaliajn melakukannya dengan benar nantinya akan diperoleh kristal garam dapur yang berwarna putih.

4.    Pertanyaan
    Sebutkanlah alasan kalian! Mengapa garam pada kegiatan di atas tidak dapat dipisahkan dari larutannya dengan menggunakan cara penyaringan?

No comments:

Post a Comment